Sabtu, 08 Oktober 2016

Cara Membuat Efek Teks Unik di Photoshop

Kali ini kita akan belajar membuat Efek teks unik di photoshop | saya yakin sobat belum pernah melihat efek teks unik yang satu ini. Setelah sesi sebelumnya kita sudah belajar membuat Efek Teks Metal Loreng di Photoshop maka kali ini kita akan Membuat Efek Teks Unik di Photoshop. saya masih belum memiliki nama yang cocok untuk jenis efek ini jadi saya menakan nya Unik sajalah. tapi kalau di lihat lihat, sepertinya model teksnya mirip dengan map yang sudah di gunting.

Dikatakan efek eks unik karena yang akan kita buat kali ini terlihat pada bentuknya yang tersusun dua sehingga memiliki beberapa efek bayangan. serta adanya titik - titik bundar di dalam teks yang mejadikannya lebih unik. berikut gambar efek teks unik yang akan kita buat dengan photoshop :
Baca juga : cara membuat tulisan awan dengan photoshop
MEMBUAT EFEK TEKS UNIK DI PHOTOSHOP

Cara Membuat Efek Teks Unik di Photoshop


Step 1 | Membuat lembar kerja 

Buat lembar kerja baru,ukuran 1200 x 800 pixel. tekan T untuk aktifkan Text tool, gunakan huruf "Rockwell Extra" Regular ,ukuran 220 pt. pengaturan ini saya gunakan untuk membuat teks unik kali ini. 



Step 2 | Menulis teks

Klik kanan dilayer teks kemudian pilih Resterize Type.


Step 3 | Modifikasi teks

Gunakan Rectangular Marquee Tool. buatlah seleksi seperti gambar dibawah. seleksi masing - masing setengah huruf.
Tips :: untuk membuat seleksi kedua tahan SHIFT ,sampai seleksi paling akhir




Tekan CTRL + J untuk membuat hasil seleksi menjadi layer baru, beri nama layer "Potongan"
lanjutkan - Tahan CTRL sambil klik thumbanail layer "lihat arah panah gambar dibawah, itu adalah thumbanail". pasti anda akan melihat gambar terseleksi otomatis.




Pindah ke layer Grafis tadi lalu tekan delete. "kita telah menggunakan area pada layer potongan guna menghapus bagian layer Grafis"




Penampakan saat layer grafis tak terlihat.


Penampakan saat layer potongan tak terlihat


Step 4 | Berikan Efek Blending Options

Klik kanan dilayer potongan - pilih blending options, checklist "color overlay" gunakan teks merah. sampai disini sudah mulai kelihatan efek teks unik nya.


Lalu tambahkan Drop Shadow, dan ikuti aturan dibawah. Klik OK jika sudah




Step 5

Sekarang klik kanan dilayer grafis - pilih Blending options. checklist Overlay dan gunakan warna Hijau, Drop shadow pengaturannya sama seperti step 4.



Ini termasuk langkah yang bisa membuatnya lebih terlihat teks unik.


Step 6

Lanjutkan dengan copy layer Potongan dan layer Grafis, masing - masing satu. caranya Tekan CTRL J dilayer tersebut. dibawah adalah susunan layer yang akan didapatkan.


Jika sudah, gunakan CTRL T - supaya objek terotasi. putar objek layer copian sesuai keinginan anda ,karna ini tidak terlalu berpengaruh pada hasil. putaran ini hanya menambah efek agar telihat bayangan dimasing - masing objek. bereksperimenlah.


Step 7

Sekarang kita akan menghapus 2 layer hasil copian tadi. gunakan Erase tool atau tekan E, klik kanan pada gambar untuk memilih ukuran penghapus.
gunakan penghapus yang bulat.
:: untuk membesarkan dan mengecilkan ukuran secara otomatis, tekan "[" atau "]".
lihat hasilnya dibawah.

Step 8 | Pengaturan Blending Option Photoshop

Waktunya membuat background. copy Background dengan menekan CTRL + J. klik kanan pada copian dan pilih blending option - pilih Pattern Overlay. berikan Opacity 60% - Pattern :: Line - Scale 100. Klik OK.




Step 9 |Pengaturan Blending Option Photoshop 

Copy lagi layer step 8. buka blending options - ubah Opacity menjadi 100% - Scale menjadi 80.



Tambahkan Drop shadow - ikuti pengaturan dibawah.



Lanjutkan dengan tekan E atau erase tool, gunakan brush bulat dan hapus sesuai gambar dibawah.



Step 10

Pastikan foreground dan background anda hitam putih. atau tekan D. buat layer baru dan tempatkan layer ini paling atas. gunkan Rectangular Marquee tool untuk membuat seleksi seperti gambar dibawah, lalu tekan CTRL + Backspace untuk memberi warna sesuai warna pada background, yaitu putih.




Copy layer style pada Step 9, klik kanan pada layer dan pilih Copy layer style. klik kanan pada layer paling atas pilih Paster layer style. kita telah mengambil pengaturan Blending options pada layer distep 9



Tahan CTRL dan klik "layer thumbnail" pada layer kedua, untuk mengambil seleksinya.



Klik ikon paling bawah layer toolbar. lihat gambar dibawah.
dan lihat hasilnya.



Selesai. gambar dibawah adalah urutan layer yang dihasilkan. saya memperlihatkan agar anda tidak bingung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar